Sondag 24 Maart 2013

Metode membaca


MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
MELALUI METODE SQ3R DI SEKOLAH DASAR

Oleh:
DEDI HERYADI

ABSTRAK

Pelaksanaan PTK dengan model Kemmis & MC Taggar yang terdiri dari 2 siklus, dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan membaca pemahaman di kelas IV A SD Negeri 1 Cikembulan, banyak siswa yang belum mampu: memahami pikiran pokok pada tiap-tiap paragraf dan  menyimpulkan isi teks bacaan. Rumusan masalah dikembangkan berdasarkan pada penggunaan metode SQ3R sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman di kelas IV A SD Negeri 1 Cikembulan. Peningkatan kemampuan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran serta aktivitas dan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman menjadi uraian tujuan dari penelitian. Kajian pustaka dikaji berdasarkan pada pembelajaran Bahasa Indoneasia di SD yang dikaitkan dengan membaca pemahaman. Sedangkan metode SQ3R dibahas sebagai acuan untuk pelaksanaan pembelajaran. Guru dan siswa kelas IV A SD Negeri 1 Cikembulan sejumlah 20 orang digunakan sebagai subjek penelitian.  Data dikumpulkan dengan teknik observasi,  tes, dan dokumen. Kemudian data diolah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, sajian data, dan verifikasi/ penyimpulan data. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam merancang RPP dan melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode SQ3R mengalami peningkatan. Begitu pula aktifitas siswa dalam pembelajaran dan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman meningkat.


Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Metode SQ3R


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking