MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
MELALUI METODE SQ3R DI SEKOLAH
DASAR
Oleh:
DEDI HERYADI
ABSTRAK
Pelaksanaan PTK dengan model Kemmis & MC
Taggar yang terdiri dari 2 siklus, dilatarbelakangi oleh masih rendahnya
kemampuan membaca pemahaman di kelas IV A SD Negeri 1 Cikembulan, banyak siswa
yang belum mampu: memahami pikiran pokok pada tiap-tiap paragraf dan menyimpulkan isi teks bacaan. Rumusan masalah
dikembangkan berdasarkan pada penggunaan metode SQ3R sebagai alternatif
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman di
kelas IV A SD Negeri 1 Cikembulan. Peningkatan kemampuan guru merancang dan
melaksanakan pembelajaran serta aktivitas dan kemampuan siswa dalam membaca
pemahaman menjadi uraian tujuan dari penelitian. Kajian pustaka dikaji
berdasarkan pada pembelajaran Bahasa Indoneasia di SD yang dikaitkan dengan
membaca pemahaman. Sedangkan metode SQ3R dibahas sebagai acuan untuk
pelaksanaan pembelajaran. Guru dan siswa kelas IV A SD Negeri 1 Cikembulan
sejumlah 20 orang digunakan sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik
observasi, tes, dan dokumen. Kemudian
data diolah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan
reduksi data, sajian data, dan verifikasi/ penyimpulan data. Hasil menunjukkan
bahwa kemampuan guru dalam merancang RPP dan melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan metode SQ3R mengalami peningkatan. Begitu pula aktifitas siswa
dalam pembelajaran dan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman meningkat.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Metode SQ3R
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking